Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Senin, 01 Oktober 2012

Mempercepat broswer mozzila firefox


Senin, 1 Oktober 2012

Mempercepat broswer mozzila firefox

Bagi kamu pengguna browser Mozilla Firefox, kini saya akan memeberikan bebrapa tips untuk mempercepat koneksi browser mozilla. Jika kamu melakukan browsing di warnet yang pasti koneksinya dibatasi oleh proxy tentu kamu akan merasakan browser kamu sedikit lambat. Sekarang mari kita hack browser Mozilla agar koneksinya berlipat.
1. Buka Mozilla.
2. Ketikan di addres bar "about:config" (tanpa tanda patik).
3. Scroll mouse anda kebawah dan cari "network.http.max-connections", double klik dan masukan nilai "64".
4. Cari "network.http.max-connections-per-server", double klik dan masukan nilai "21".
5. Cari 'network.http.max-persistent-connections-per-server", double klik dan masukan nilai "8".
6. Doube klik pada "network.http.pipelining " menjadi "true".
7. Cari "network.http.pipelining.maxrequests", double klik dan masukan nilai "100".
8. Double klik pada "network.http.proxy.pipelining" menjadi "true".
9. Langkah terakhir, klik kanan dimana saja pilih :
New >> integrar >> lalu tulis "nglayout.initialpaint.delay" (tanpa tanda petik". Kemudian masukan nilai "0".
Close Mozilla kamu, kemudian buka lagi dan bandingkan kecepatan nya sebelum kamu melakukan setting tadi.

Cara agar laptop tidak lemot

Senin, 1 Oktober 2012 

Cara agar laptop tidak lemot

Cara agar laptop tidak lemot bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menambah kapasitas RAM pada laptop.
Selain itu cara agar laptop tidak lemot bisa dilakukan dengan mematikan sistem-sistem yang tidak digunakan, cara mematikannya bisa melalui registri.

Selain dua solusi di atas, masih ada lagi cara agar laptop tidak lemot, yaitu bisa dilakukan dengan uninstal program-program ter instal di partisi (C) system. Dan saran saya softwere-softwere yang tidak digunakan sebaiknya dibuang saja, karena bisa membuat laptop lemot.


cara agar laptop tidak lemot di atas jika dilakukan dengan dengan seksama, pasti laptop yang kamu gunakan tidak akan lemot lagi.
Tapi jika laptop masih juga lemot, sebaiknya dibawa ke komputer laptop :)
Mungkin ada hal lain yang menyebabkan laptop sobat menjadi lemot.

K3 dalam menggunakan perangkat TIK

Senin, 1 Oktober 2012

K3 dalam menggunakan perangkat TIK

K3 dalam menggunakan perangkat TIK 1. mengatur posisi tubuh posisi tubuh yang benar saat didepan komputer akan memberikan kenyamanan. dengan posisis tubuh yang benar, kitak akan merasakan cepat lelah dan cepat pegal. adapun posisi duduk yang benar adalah: a. Posisi kepala dan leher saat bekerja dengan komputer harus dengan wajah langsung menghadap ke layar monitor. leher tidak boleh membungkuk atau menengadah karena hal ini menyebabkan sakit pada leher b. posisi punggun tidak boleh miring ke kanan atau kekiri, tidak membungkuk dan tidak bersandar terlalu miring kebelakang. untuk menunjang posisii punggung yang baik perlu tempat duduk yang baik dan nyaman c. posisi pundak tidak terlalu mengangkat dan tidak terlalu kebawah. bila otot-otot dibahu masih tegang berarti posisi pundak belum benar. d. posisi lengan berada disamping, badan dan siku membentuk sudut lebih besar dari 90derajat e. posisi kaki harus menyentuh lantai atau sandaran kaki dengan seluruh tapak kaki menyentuh lantai dan lutut membentuk sudut tidak kurang dari 90derajat 2. Memperkirakan Jarak Pandang Monitor untuk kenyamanan dan kesehatan mata, maka jarang mata dengan layar tidak boleh terlalu dekat, untuk mengurangi keluhan pada mata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan: a. memasang pelindung radiasi pada monitor b. meletakkan monitor sedemikian rupa diruangan sehinghingga layar tidak memantulkan cahaya dari sumber lain c. letakkan monitor lebih rendah dari garis horizontal mata agar mata tdak menengadah atau menunduk d. aturlah cahaya monitor agar tidak terlalu terang dan terlalu cerah e. mengatur pencahayaan dituang kerja f. sering-seringlah mengedipakan mata agar mata tidak kering g. sesekali memandang jauh keluar ruangan 3. menggunakan Komputer dan perangkat tik sesuai prosedu ada baiknya kita memperhatikan hal-hal berikut untuk kesehatan dan kenyamman: a. tangan tidak boleh basah, karena jika basah dan bersentuhan langsung dengan perangkat keras akan tersetrum b. mengatur kabel komputer sedapat mungkin terhindar dari air yang memungkinkan terjadinya arus pendek yang nenyebabkan kebakaran dan rusaknya alat c. posisi keyboard harus diatur sedemikian rupa dan hindari tumpahnya air dia atas keyboard. d. ruang kerja harus bebas debu diuasahakan menggunakan AC e. sebaiknya mengggunakan UPS untuk menghindari kerugian kehilangan data saat terputusnya listrik f. hindari menyalakan dan mematikan komputer yang sanat sering karena akan membuat komponen cepat rusak. sumber : http://9a-sabila.blogspot.com/2011/08/k3-dalam-menggunakan-perangkat-tik.html

SEJARAH INTERNET

Senin, 1 Oktober  2012

SEJARAH INTERNET 
 
Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link. Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih. Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web. Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator. http://up-azkiah-9h.blogspot.com/2011/02/sejarah-internet.html

MENCETAK LEMBAR KERJA MS EXCEL

Senin, 1 Oktober 2012

MENCETAK LEMBAR KERJA MS EXCEL

Mencetak Lembar Kerja Mencetak lembar kerja merupakan hal penting yang haris kita lakukan, agar apa yang telah kita olah di Excel 2000 dapat dibuat hardcopynya, apakah sebagai laporan, tugas, atau sebagai arsip saja. Langkah-langkah mencetak lembar kerja ; a. Jika ingin mencetak range tertentu dari data maka sorotlah terlebih dahulu range yang akan dicetak, kalau tidak langsung kelangkah berikutnya. b. Pilih menu File dan klik Print, maka kota dialog pencetakan akan ditampilkan seperti berikut: c. Pilihan Name diisi denga jenis printer yang terpasang pada komputer saat ini d. Pilihan Print Range digunakan untuk menentukan range data yang akan dicetak, apakah keseluruhan (All) atau range tertentu dari halaman (from) tertentu sampai kehalaman tertentu. Misal halaman 1 sampai dengan 5, maka isilah 1 pada kotak from dan 5 pada kotak to. e. Pilihan Print What digunakan untuk menetukan data yang akan dicetak, apakah data yang disorot saja (selection), seluruh isi lembar kerja yang aktif (Active Sheet(s)) atau ingin mencetak seluruh lembar kerja yang ada pada buku kerja yang aktif saat ini. f. Isilah Number of copies dengan nilai tertentu jika ingin mencetak data rangkap g. Klik OK untuk menutup jendela ini dan printer akan melaksanakannya. sumber : http://up-azkiah-9h.blogspot.com/2011/02/materi-kelas-8-mencetak-lembar-kerja-ms.html

MENULIS RUMUS ATAU FORMULA


Senin, 1 Oktober 2012

MENULIS RUMUS ATAU FORMULA

Menulis Rumus Untuk menulis rumus, ada beberapa cara, diantaranya 1. Menulis rumus dengan mengetikkan angka langsung a. Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus akan ditampilkan (pada contoh diatas sel C6) b. Pada formula bar, ketikkan = 5000000+3500000, lalu tekan tombol enter. Menulis rumus dengan cara ini cukup mudah kalau rumusnya sederhana dan pendek serta angkanya tetap 2. Menulis rumus dengan menggunakan alamat sel a. Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus ditampilkan (sel C6 misalnya) b. Pada formula bar, ketikkan = C4+C5, lalu tekan tombol enter. Menulis rumus dengan cara ini sangat bermanfaat jika datanya sering berubah. 3. Menulis rumus dengan bantuan mouse a. Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus akan ditampilkan (pada contoh diatas sel C6) b. ketikkan = , kemudian pilih dan klik sel C4 c. Ketik +, kemudian pilih dan klik sel C5 d. Tekan tombol enter Menulis rumus dengan cara ini sangat dianjurkan karena memperkecil kemungkinan salah ketik alamt sel. sumber : http://up-azkiah-9h.blogspot.com/2011/02/materi-kelas-8-menulis-rumus-atau.html Posting Lama Langganan: Entri (Atom) videokeman mp3 Crazier – Taylor Swift Song Lyrics Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net My Profile Foto Saya wanda yani Lihat profil lengkapku Followers Fish Total Tayangan Laman Sparkline 232 Twitter Updates Time Labels kelas 7 (16) kelas 8 (14) kelas 9 (5) Blog Archive ▼ 2012 (35) ▼ September (5) Pengertian Internet dan Intranet Jenis Kecepatan Akses Internet Aplikasi Internet Sejarah Internet 10 Tokoh Penting Dalam Internet ► Agustus (30) Diberdayakan oleh Blogger. Blogger Widgets Copyright © Tugas TIK SMPN 15 Bandung WP Theme by Simply WP | Blogger theme by BloggerThemes

10 TOKOH PENTING DALAM INTERNET

Senin, 1 Oktober 2012

10 TOKOH PENTING DALAM INTERNET

1. Claude Shannon Dikenal sebagai "bapak dari teori informasi modern" Claude Shannon menerbitkan sebuah makalah yang berpengaruh pada tahun 1948, "Sebuah Teori Matematika Komunikasi" yang memfomalkan studi saluran komunikasi. Dengan membentuk batas pada efisiensi komunikasi dan menghadirkan tantangan untuk menemukan kode untuk meningkatkan efisiensi, Shannon mengembangkan fondasi dasar yang mendasari Internet. 2. Paul Baran Seat meneliti jaringan komunikasi survivable di RAND Corporation tahun 1959, Baran mengembangkan dan menggambarkan arsitektur data untuk jaringan komunikasi packet-switched. Gambaran, rinci dalam serangkaian makalah dengan judul "On Distributed Communications" akan terbukti menjadi dasar umum di belakang arsitektur Internet. 3. Bob Taylor Pada akhir tahun 1960, Bob Taylor meyakinkan Departemen Pertahanan AS untuk mengembangkan jaringan komunikasi, yang akhirnya akan menjadi ARPANet, militer prekursor untuk Internet. Dia menulis sebuah makalah yang berpengaruh, “The Computer as a Communication Device” (Komputer sebagai Alat Komunikasi), kata pria ini, dunia akan segera dapat berkomunikasi dengan lebih efisien melalui komputer daripada tatap muka-. Makalah ini menggambarkan tentang bagaimana Internet akan menjadi di masa depan 4. Douglas Englebart Seorang peneliti di Stanford, Augmentation Research Center Englebart adalah simpul kedua pada ARPANet pada Oktober 1969. Dia mengembangkan Pusat Jaringan Informasi di Stanford, yang kemudian menjadi registry nama domain, atau database daftar setiap website di Internet. Sangat menarik untuk dicatat bahwa Sergey Brin dan Larry Page, para pengembang Google , juga kuliah di Stanford 30 tahun kemudian.Dia juga menemukan mouse 5. Larry Roberts Ilmuwan kepala di Kantor Tehnik Pengolahan Informasi ARPA tahun 1966 , dia memimpin pengembangan ARPANet. Dia juga mendirikan Telenet, paket-switched jaringan pertama penyedia dan prekursor untuk perusahaan seperti Comcast dan Verizon. Telenet sekarang dimiliki oleh Sprint dan merupakan bagian dari jaringan data mobile. 6. Vint Cerf Seorang legenda di komunitas internet awal, Cerf adalah manajer program ARPA 1976-1982. Bersama Bob Kahn dia membantu merancang protokol TCP / IP yang digunakan oleh ARPANet awal dan Internet saat ini, dan ia mendirikan Komuntias Internet Society dan ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) ICANN adalah bagian mendasar tentang dari dan bagaimana Internet diatur. 7. Paul Mockapetris Bersama dengan Jon Postel, Paul Mockapetris merancang dan mengembangkan DNS, atau arsitektur nama domain. Ketika Anda mengetik alamat situs web ke dalam kotak pencarian, Anda dapat berterima kasih pada Mockapetris dan Postel karena telah merancang bagaimana membuat tindakan untuk menemukan situs web yang Anda inginkan. 8. David Clark Internet tumbuh pesat antara tahun 1981 dan 1989, dan keputusan yang dibuat kemudian mempengaruhi pada jaringan yang nantinya akan digunakan.Clark adalah arsitek protokol utama untuk Internet selama menjabat sebagai ketua Dewan Kegiatan Internet, dan dia memberikan pengaruh yang signifikan dalam pembentukan peraturan yang mengatur Internet. 9. Steve Wolff Sebagai Direktur Divisi Jaringan dan Komunikasi di National Science Foundation (NSF) pada tahun 1986, Steve Wolff mengelola pengembangan NSFNet, salah satu prekursor untuk Internet. Dia mengkonsep dan memimpin Gigabit Testbed, sebuah proyek bersama antara NSF dan Departemen Pertahanan yang dirancang untuk membuktikan bahwa jaringan bisa beroperasi pada kecepatan gigabit. Keberhasilannya membantu membuka jalan untuk mengubah Internet dari jaringan komunikasi secara sempit berfokus ke Internet global yang luas seperti hari ini. 10. Marc Andreesen dan Eric Bina Ini mungkin tampak seperti murahan untuk menambahkan pelopor tambahan untuk membuat daftar ini 11, tapi Butuh dua pelopor untuk mengembangkan Mosaic, browser Internet pertama. Mereka mengambil semua prestasi pelopor sebelumnya dan diterjemahkan ke dalam antarmuka dengan grafis yang mudah digunakan. Hal ini berlangsung jauh ke arah mengubah Guna Internet dari yang sebelumnya Internet hanya digunakan oleh ilmuwan berpendidikan tinggi sehingga bisa digunakan oleh orang - orang pada umumnya.. Ini adalah hanya beberapa dari banyak pelopor yang membuat Internet dimungkinkan untuk berkembang dan digunakan seperti hari ini. Setiap individu yang mengembangkan cara yang lebih baik dalam transmisi informasi, kecepatan mengatur aliran data atau meningkatkan kontribusi dalam beberapa cara untuk pengembangan Internet yang kita kenal sekarang.

APLIKASI INTERNET

Senin, 1 Oktober  2012

APLIKASI INTERNET

Aplikasi internet sangat berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi yang mendukungnya, antara lain seperti: e-mail, file transfer, Bulletin Board System, online banking, video broadcasting, radio broadcasting, internet telephony, dan World Wide Web (web). e-mail e-mail adalah aplikasi yang memungkinkan seseorang mengirimkan surat elektronik ke orang lain yang berada di lokasi yang berjauhan dengannya, dengan syarat keduanya memiliki koneksi ke internet. Diperkirakan lebih dari 100 juta orang telah memiliki alamat e-mail, dan setiap bulan lebih 1 terabyte (TB) telah melintasi jaringan internet. Agar seseorang bisa memiliki alamat surat internet (e-mail) maka dia harus mendaptarkan diri pada satu penyedia layanan, baik secara offline maupun secara online. Alamat surat elektronik biasanya dalam format: user@penyedia, misalnya: ali@yahoo.com, atau indra@indosat.net.id, dan sebagainya. Surat-surat yang dikirim ke seseorang akan ditampung pada suatu server (mail server) di komputer penyedia layanan, kemudian secara otomatis di-download ketika user membuka kotak suratnya (mailbox) pada saat koneksi ke internet. File Transfer File Transfer adalah aplikasi yang memungkinkan seseorang men-transfer file data-nya dari satu komputer ke komputer lain dalam jaringan internet. Misalnya mengambil file dari suatu lokasi (download) atau mengirim file kesuatu lokasi (upload). Suatu protokol internet yaitu FTP (file transfer protocol) melayani proses pemindahan ini. File-file besar biasanya dikompress dulu sebelum disediakan dalam suatu FTP server, dalam format zip, tar.gz, atau hqx. Bulletin Board Bulletin Board System (BBS) adalah layanan bulletin online yang dibagi menurut bidang ilmu pengetahuan, atau bidang-bidang minat lainnya. Network News dan Usenet News adalah dua contoh BBS yang menyajikan lebih dari 6000 bidang minat. Bidang ilmu pengetahuan atau bidang minat dibagi dalam beberapa kategori, antara lain sbb: * com bidang Komputer, termasuk teknologi jaringan LAN * biz bidang bisnis * K12 bidang pendidikan dasar dan menengah * rec bidang rekreasi * sci bidang sains (biologi, kimia, fisika) * soc bidang sosial Online Banking Beberapa bank kini menyajikan layanan online melalui internet, dimana nasabah dapat mendapatkan informasi tentang berbagai urusan perbankan, dan juga bisa untuk memeriksa rekening tanpa perlu ke bank. Masalah utama adalah masalah keamanan data, dimana rekening seseorang bisa dibobol, dsb. Radio Broadcasting Berbagai stasiun radio menyebarkan siaran-nya melalui internet sehingga pendengar tidak memerlukan antena khusus untuk menangkap siaran radio favorit-nya. Teknologi audio streaming digunakan untuk menyalurkan suara ke internet, walaupun reliabilitas-nya kurang, mengingat teknologi streaming adalah teknologi packet-switching, sehingga bisa terjadi penundaan waktu yang menyebabkan suara terputus-putus, bahkan beberapa paket suara mungkin hilang dalam media transmisi. Tetapi karena pada umumnya siaran radio internet ini gratis, maka para pendengar biasanya cukup maklum dengan kondisi siarannya. Video Broadcasting Seperti pada siaran radio, maka beberapa stasiun TV juga memiliki situs di internet untuk menyebarluaskan siaran-nya. Disamping itu, aplikasi seperti netmeeting, CU-SeeMe yang menyajikan video-conferencing melalui internet juga kini sudah bisa digunakan oleh banyak orang. Namun seperti pada Radio Broadcasting maka kualitas siaran TV juga tidak terlalu bagus. Internet Telephony Telepon internet dikenal juga sebagai IPhone, NetPhone, atau VOIP (Voice Over Internet Protocol), adalah usaha untuk melakukan koneksi telepon melalu internet. Keuntungan Voip adalah kemungkinan biaya murah untuk telepon jarak jauh (interlokal), bahkan bisa gratis bila dilakukan oleh dua orang yang terhubung ke internet, kemudian menggunakan microphone dan speaker yang ada pada komputernya untuk melakukan percakapan. Kelemahan-nya adalah kualitas suara yang mungkin buruk akibat rintangan dalam jaringan internet yang sibuk. Perusahan telepon seperti Telkom di Indonesia melarang voip untuk dijadikan bisnis per-orangan, karena bisnis komunikasi hanya bisa dilakukan oleh perusahaan komunikasi. Chatting Chatting adalah aplikasi yang digemari banyak orang terutama anak muda, karena memberi layanan berkomunikasi antar teman melalui internet (Internet Relay Chatting / IRC). Komunikasi yang dilakukan pada umumnya komunikasi teks, dimana dua orang yang sedang chatting akan ber-balas-balasan kalimat pendek yang diketik pada layar monitor. World Wide Web World Wide Web (WWW), lebih populer dengan istilah Web, merupakan aplikasi internet yang paling digemari oleh pengguna internet. Web mula-mula diperkenal-kan oleh Tim-Berners-Lee pada tahun 1992 di CERN, laboratorium Fisika Partikel Eropa yang berlokasi di Jenewa, Swiss, dan setelah populer kemudian diambil alih pengembangannya oleh W3C (World Wide Web Consortium). Marc Andressen merancang sebuah perangkat lunak untuk menampilkan halaman Web yang diciptakan oleh Tim-Berners Lee, yang dinamakan sebagai web-browser. Web menjadi populer karena kemampuannya menyajikan objek multimedia pada halaman tampilan-nya, sehingga bisa dijadikan sebagai sumber informasi yang memuat teks, gambar, suara, citra, dan video, yang diatur oleh program HTML (Hyper Text Markup Language). Hypertext dapat membentuk hyperlink yang memungkinkan seseorang berpindah dari satu tayangan Web ke tayangan Web lainnya. Setiap organisasi kini memiliki situs Web (Website), dengan alamat tertentu yang bisa diakses oleh sebuah browser (seperti Internet Explorer, NetScape, atau Opera). Format alamat situs Web biasanya ditulis sebagai : http://www.organisasi.tipe.negara, misalnya: situs pemda Makassar adalah http://www.makassar.go.id, atau situs koran Kompas adalah http://www.kompas.co.id. http://up-azkiah-9h.blogspot.com/2011/03/materi-kelas-9-aplikasi-internet.html

Penggunaan kombinasi tombol pada keyboard ( shortkey ) microsoft excel

Senin, 1 Oktober 2012

Penggunaan kombinasi tombol pada keyboard ( shortkey ) microsoft excel

Kumpulan Shortcut Ms Word. Pengguna aplikasi Microsoft Word seringkali menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakan bermacam pekerjaan kantoran. Walhasil, banyak waktu terbuang hanya untuk mengedit dan merapikan font, paragraf dan kata-kata. Sebagai contoh, Anda sudah terlanjur mengetik dua baris judul dokumen dengan huruf kecil. Namun Anda ingin mengubah judul tersebut menjadi huruf besar, dan terpaksa Anda harus mengetik ulang judul tersebut dari awal. Waktu Anda jadi terbuang pastinya. Ada banyak kunci rahasia di Microsoft Word yang bisa Anda terapkan untuk mengedit dokumen sehingga waktu Anda tak terbuang banyak. Berikut ini 10 tombol singkat alias shortcut yang bisa mempermudah pekerjaan Anda: Ctrl+Shift+> Dengan memencet tiga kombinasi tombol tersebut pada keyboard, maka ukuran font yang ingin diubah akan bertambah besar. Ctrl+Shift+< Sebaliknya, dengan memencet tiga kombinasi tombol tersebut maka ukuran font yang ingin diubah akan bertambah kecil. Shift+F3 Kombinasi tombol Shift dan tombol F3, memungkinkan Anda untuk mengubah kata yang sudah Anda ketik dari yang awalnya ditulis dengan huruf kecil semua menjadi kata yang awalannya huruf besar atau semua kata ditulis dalam huruf besar, dan sebaliknya. Ctrl+Shift+k Dengan tiga tombol ini, dalam waktu singkat Anda bisa mengubah kata yang Anda pilih dari yang awalnya huruf kecil menjadi huruf besar dan sebaliknya. Ctrl+Del Untuk menghapus kata yang berada di kursor sebelah kanan. Ctrl+Backspace Kebalikan dari Ctrl+Del, kombinasi tombol Ctrl+Backspace digunakan untuk menghapus kata yang berada di kursor sebelah kiri. Ctrl+c Untuk mengcopy kata yang dipilih. Ctrl+v Untuk mempaste kata yang sudah dicopy. Ctrl+1 dan Ctrl+2 Kombinasi tombol Ctrl+1 dan Ctrl+2 memungkinkan Anda mengubah spasi dari satu (single spacing) menjadi dua (double spacing). Shift+Alt+(tanda panah atas atau bawah) Dengan menekan tombol Shift+Alt+tanda panah atas atau bawah, Anda dengan cepat bisa memindahkan paragraf ke atas atau ke bawah (sesuai dengan paragraf tempat kursor diletakkan). Tombol Kombinasi Windows Lainnya : Tombol Kegunaan Menampilkan atau menyembunyikan Start menu. + BREAK Menampilkan kotak System Properties + D Menampilkan Desktop. + M Minimize all windows. (Mengecilkan semua tampilan kerja di layer) + Shift + M Mengembalikan minimized windows. + E Membuka My Computer. + F Pencarian untuk file atau folder. CTRL + +F Pencarian untuk computer + F1 Menampilkan Windows Help. + L Log Off Komputer + R Membuka kotak Run + U Membuka Utility Manager. Tombol Kombinasi Ms. Word Tombol Kegunaan CTRL + A .Mengeblok/memilih semua teks CTRL + B Bold (Membuat teks tebal) CTRL + C Copy (Mencopy teks/gambar) CTRL + D Menampilkan kotak Font (Pengaturan ukuran teks dan jenis teks) CTRL + E Membuat teks rata tengah. CTRL + F Menampilkan kotak Find & Replace – (Find). CTRL + G Menampilkan kotak Find & Replace – (Go to). CTRL + H Menampilkan kotak Find & Replace – (Replace). CTRL + I Membuat teks miring. CTRL + J Membuat teks rata kanan kiri. CTRL + K Untuk membuat Hyperlink. CTRL + L Membuat teks rata kiri. CTRL + M Fungsi Tab. CTRL + N New (Membuat halaman kerja baru (membuka Ms.Word baru)) CTRL + O Open (Membuka dokumen yang telah ada) CTRL + P Print (Melakukan Perintah print). CTRL + Q Membuat teks rata kiri. CTRL + R Membuat teks rata kanan. CTRL + S Save (Menyimpan ulang dokumen yang sudah tersimpan). CTRL + T Mengatur letak baris kedua dan baris beriktnya dalam paragraph. CTRL + U Memberi garis bawah pada teks. CTRL + V Paste. CTRL + W Exit (keluar dari halaman kerja MS. Word). CTRL + X Cut (memotong). CTRL + Y Perintah yang merupakan akibat dari aktifitas yang baru saja terlaksana di MS.Word CTRL + Z Undo (Kembali/Membatalkan). CTRL + F1 Menampilkan Menu Help. CTRL + F2 Menampilkan ukuran lembar kerja. CTRL + F3 Menghapus tek/gambar yang dipilih. CTRL + F4 Menutup Ms.Word CTRL + F5 Refresh. CTRL + F6 Membuka Ms. Word lain yang sedang aktif. CTRL + F7 Mengatur posisi lembar kerja MS. Word CTRL + F8 Mengatur tampilan lebar & tinggi lembar kerja MS. Word CTRL + F9 Memberikan kurung kurawal pada teks yang dipilih. CTRL + F10 Mengatur ukuran lembar kerja dengan ukuran normal. CTRL + F12 Save As (Menyimpan dokumen Ms.Word). CTRL + 1 Mengatur spasi 1 (single) CTRL + 2 Mengatur spasi 2 (double) CTRL + } Memperbesar ukuran huruf CTRL + { Mengecilkan ukuran huruf CTRL + Shift + F Mengganti font CTRL + F2 File — Print preview Shift + CTRL + A Membuat teks uppercase (kapital semua) Shift + F3 Merubah teks ke Kapital atau biasa ALT+double-click Properties ALT + CTRL + C Memunculkan symbol © ALT + CTRL + R Memunculkan symbol ® ALT + CTRL + T Memunculkan symbol â„¢ ALT+Print Screen Mencopy gambar desktop/layer/aplikasi. F2 Rename (Mengganti nama file). ALT + F4 Menutup Ms.Word atau aplikasi lain selain Ms.Word. sumber : http://up-ayu-9b.blogspot.com/2011/02/viii-penggunaan-kombinasi-tombol-pada.html

Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 1 Oktober 2012

Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Materi ini akan di bedakan menjadi dua bagian, yaitu Perangkat Teknologi Informasi dan Perangkat Teknologi Komunikasi. Banyak sekali perangkat yang beredar di pasaran sehingga untuk mempermudah dalam pembelajaran kita bedakan Perangkat Teknologi Informasi yang tradisional dan yang modern. Demikian juga untuk Perangkat Teknologi Komunikasi. Menurut sejarahnya Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi sudah ada bersamaan lahirnya peradaban manusia. Pada jaman prasejarah manusia memerlukan alat komunikasi misalnya dengan menggunakan bahasa isyarat yang terbukti dengan adanya prasasti gambar telapak tangan yang terdapat di batu batuan maupun pada dinding goa. Dengan kemajuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi sekarang ini, dunia tidak lagi mengenal batas, jarak, ruang dan waktu. Sebagai contoh kini orang dapat dengan mudah memperoleh berbagai macam informasi yang terjadi di belahan dunia ini tanpa harus datang ke tempat tersebut. Bahkan orang dapat berkomunikasi dengan siapa saja di berbagai di belahan dunia ini, dengan memanfaatkan seperangkat komputer yang tersambung ke internet. Berbicara tentang kecanggihan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi ini maka tidak lepas dari teknologi komputer itu sendiri. Komputer terdiri dari suatu rangkaian peralatan elektronik yang bekerja secara bersama-sama, untuk dapat berfungsi menangani berbagai macam pekerjaan mulai dari yang sangat sederhana sampai pada tingkat pekerjaan yang sangat kompleks/rumit. Komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri dari tiga komponen utama yaituhardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware (perangkat manusia/user). Hubungan antara ketiga komponen tersebut tidak dapat dipisahkan. Untuk dapat mencapai fungsi komputer sebagai produk berteknologi canggih dalam menangani berbagai macam pekerjaan. Hardware sebagai komponen fisik dari sistem komputer yang terdiri dari peralatan Input, Proses, Output dan Media penyimpan data yang merupakan satu kesatuan yang bekerja secara besama-sama, sehingga dapat difungsikan. Ketiga komponen dalam sistem tersebut Hardware, Software dan Brainware akan melakukan proses meng-input data, memproses (processing) dan menghasilkanoutput yang berupa produk informasi yang dibutuhkan. Perangkat Yang Digunakan Dalam TIK Media Penyimpan Data Media penyimpan data adalah alat yang digunakan untuk menyimpan data atau program, tempat data yang disimpan tersebut dapat dibaca kembali untuk diproses oleh komputer. Media penyimpan data dapat dibedakan sebagai berikut: Media Penyimpan Utama (Internal Storage) yaitu: RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory) Media Penyimpan Cadangan (External Storage) antara lain yaitu: Hardisk, Magnetik disk, Optic disk, Flash disk Hard disk Hard disk merupakan media penyimpan data luar (External Storage) yang berfungsi meyimpan data atau program dalam kapasitas yang besar. Data yang tersimpan di hardisk sifatnya permanen artinya data tidak hilang meskipun komputer dimatikan dan dapat digunakan jika suatu saat dibutuhkan. Kapasitas atau kemapuan menyimpan hard disk: mulai dari 500 MB, 1GB sampai dengan 120 GB dan akan semakin terus bertambah kapasitasnya. Beberapa merek hardisk antara lain: Maxtor, Seagate, Fujitsu, dll Floppy Disk (Disket) Merupakan media penyimpan data magnetik disk terbungkus oleh plastik protektif tipis dan keras. Data yang tersimpan di dalam disk ini sifatnya permanen tidak terpengaruh daya atau arus listrik jika suatu saat diperlukan data tersebut dapat di ambil atau dibaca kembali. Ukuran yang umum diperdagangkan ada yang 5 ¼" dengan kapasitas penyimpanannya 1,2 MB dan 3/5 " sedangkan kapasitasnya penyimpanya 1,44 MB. Media penyimpan ini dapat digunakan hampir disemua jenis komputer. Merek yang ada dipasaran antara lain adalah: Fuji, Verbatim, Sony dll. CD/DVD Merupakan media penyimpan data optical disk berbentuk piringan dengan kapasitas penyimpan data besar. Yang paling sering dipakai adalah CD-R (Recordable) dapat menyimpan data sampai 700 MB, hanya dapat menyimpan sekali tidak dapat diulangi. Sedang CD-RW (Rewriteable) dapat membaca dan menyimpan/menulis data berkali-kali. DVD-R dan DVD-RW adalah salah satu media penyimpan optical disk lain yang mempunyai kemampuan atau kapasitas penyimpan data hingga ukuran diatas 10 GB dalam satu piringan. Beberapa merek CD/DVD antara lain: Sony, Verbatim dll Flash Disk Flash disk merupakan media penyimpan data dengan kapasitas penyimpan cukup besar, Flash disk dihubungan pada komputer melalui USB (Universal Serial Bus). Dibanding disket/CD Flash disk akses datanya relatif lebih cepat hampir sama dengan har disk. Saat ini harganya masih relatif mahal tergantung kapasitas dan mereknya. Kapasitasnya bervariasi mulai dari 64 MB, 128 MB, 512 MB dts.Merek yang ada dipasaran antara lain: Kingston, Sandisk, dll Ciri-ciri dan Cara Merawat Media Penyimpan Data Seperti telah kita ketahui bahwa media penyimpan data ada dua macam yaitu: Internal Storage (Media Penyimpan Utama) Yang termasuk kelompok ini antara lain yaitu: RAM dan ROM RAM (Random Access Memory) Yaitu memory baca tulis yang dapat menyimpan data untuk sementara dan kemudian membacanya kembali. Data yang tersimpan pada RAM sifatnya tidak permanen artinya data tersimpan saat ada arus listrik atau komputer dalam keadaan aktif. Jika tidak ada arus atau komputer dalam keadaan mati data pun hilang atau tidak tersimpan lagi. ROM (Read Only Memory) Yaitu memory baca saja dari komputer artinya data yang tersimpan dalam ROM hanya bisa dibaca saja, ROM itu berisi data atau program-program dasar dari pabriknya, ROM ini berfungsi untuk mengatur proses dasar dari masukan dan keluaran data Cara merawat media penyimpan Internal Storage antara lain adalah: Periksa pemasangan RAM/ROM apakah sudah terletak pada slot atau tempatnya dengan posisi yang benar. Dengan cara mengatur BIOS agar menghindari melakukan booting komputer secara langsung dari disket. External Storage (Media Penyimpan Cadangan) Yang termasuk kelompok ini antara lain yaitu: Hard disk, Flopy disk, Optical disk, Flash disk Cara merawat media penyimpan External Storage antara lain adalah: Untuk Flopy disk atau disket (Magnetik Disk) yaitu hindari dari terkena debu dan simpan pada box disket. Sebaiknya selalu dalam keadaan terprotek, hal ini untuk menghindari terkena virus komputer. Untuk Piringan CD/DVD (Optical disk) yaitu: hindarkan permukaanya dari debu, selalu menempatkan nya pada Box CD jika sedang tidak dipakai. Untuk jangka waktu tertentu bersihkan Optik pada CD ROM/ CD RW/DVD ROM/DVD RW dengan CD Cleaner. Untuk Flash disk jangan lupa untuk selalu menutup penghubung USB-nya sumber : http://up-ayu-9b.blogspot.com/2011/01/vii-perangkat-teknologi-informasi-dan.html

PENGOLAH DATA

Senin, 1 Oktober 2012

PENGOLAH DATA

Tahap pengolahan data sangat menentukan seberapa jauh tingkat keakuratan dan ketepatan data statistik yang dihasilkan. BPS merupakan instansi perintis dalam penggunaan komputer karena telah memulai menggunakannya sejak sekitar 1960. Sebelum menggunakan komputer, BPS menggunakan kalkulator dan alat hitung sipoa dalam mengolah data. Teknologi komputer yang diterapkan di BPS selalu disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi dan juga mengacu kepada kebutuhan. Personal komputer yang secara umum lebih murah dan efisien telah dicoba digunakan untuk menggantikan mainframe. Sejak 1980-an, personal komputer telah digunakan di seluruh kantor BPS provinsi, diikuti dengan penggunaan komputer di seluruh BPS kabupaten dan kota sejak 1992. Dengan menggunakan personal komputer, kantor statistik di daerah dapat segera memproses pengolahan data, yang merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dari pengumpulan data, kemudian memasukkan data mentah ke dalam komputer dan selanjutnya data tersebut dikirim ke BPS pusat untuk diolah menjadi data nasional. Pengolahan data menggunakan personal komputer telah lama menjadi contoh pengolahan yang diterapkan oleh direktorat teknis di BPS pusat, terutama jika direktorat tersebut harus mempublikasikan hasil yang diperoleh dari survei yang diselenggarakan. Pengolahan data Sensus Penduduk tahun 2000 telah menggunakan mesin scanner, tujuannya untuk mempercepat kegiatan pengolahan data. Efek positif dari penggunaan komputer oleh direktorat teknis yaitu selain lebih cepat, juga dapat memotivasi pegawai yang terlibat turut bertanggung jawab untuk menghasilkan sebanyak mungkin data statistik dan indikator secara tepat waktu dan akurat dibanding sebelumnya. Selain itu, penggunaan computer sangat mendukung BPS dalam menghasilkan berbagai data statistik dan indikator-indikator yang rumit seperti kemiskinan, Input-Output (I-O) table, Social Accounting Matrix (SAM), dan berbagai macam indeks komposit dalam waktu yang relatif singkat. Pada 1993, BPS mulai mengembangkan sebuah sistem informasi statistik secara geografis khususnya untuk pengolahan data wilayah sampai unit administrasi yang terkecil yang telah mulai dibuat secara manual sejak 1970. Data wilayah ini dibuat khususnya untuk menyajikan karakteristik daerah yang menonjol yang diperlukan oleh para perumus kebijakan dalam perencanaan pembangunan. Dalam mengolah data, BPS juga telah mengembangkan berbagai program aplikasi untuk data entry, editing, validasi, tabulasi dan analisis dengan menggunakan berbagai macam bahasa dan paket komputer. BPS bertanggung jawab untuk mengembangkan berbagai perangkat lunak komputer serta mentransfer pengetahuan dan keahliannya kepada staf BPS daerah. Pembangunan infrastruktur teknologi informasi di BPS didasarkan pada tujuan yang ingin dicapai yaitu mengikuti perkembangan permintaan dan kebutuhan dalam pengolahan data statistik; melakukan pembaharuan/inovasi dalam hal metode kerja yang lebih baik serta memberikan kemudahan kepada publik dalam mendapatkan informasi statistik. sumber : http://up-ayu-9b.blogspot.com/2011/02/vii-pengolah-data.html

OPERASI DASAR KOMPUTER

Rabu, 12 September 2012

OPERASI DASAR KOMPUTER

Operasi Dasar Komputer Unsur-unsur Komputer Komputer yang digunakan saat ini dibangun berdasarkan teknologi elektronika digital, sehingga disebut komputer digital. Pengertian teknologi digital tidak dibahas lebih lanjut pada tingkat SMA. Secara sistematis, komputer harus dipandang sebagai kesatuan dari: 1. Brainware (Pengguna Komputer) 2. Hardware (Perangkat Keras) 3. Software (Perangkat Lunak) Brainware Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer/ sistem pengolahan data. Brainware merupakan sumber inspirasi utama bagi terbentuknya suatu sistem komputer. Menurut tingkat pemanfaatan terhadap komputer, Brainware digolongkan dalam empat tingkatan dimulai dari tingkatan yang tertinggi: a. System Analyst: Penanggung jawab dan perencana sistem dari sebuah proyek pembangunan sebuah sistem informasi khususnya yang memanfaatkan komputer b. Programmer : Pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang c. Administrator : Seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem/jaringan komputer d. Operator : Pengguna biasa, hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada sumber : http://up-ardita-9d.blogspot.com/2011/02/materi-kelas-7-operasi-dasar-komputer.html

Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 1 Oktober 2012

Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sebelum menyebutkan tentang pengertian teknologi informasi dan komunikasi,marilah kita melihat sejarah awalnya komunikasi dilakukan. Tentu kamu masih ingatketika belajar sejarah bersama gurumu bahwa pada zaman dahulu manusia melakukankomunikasi menggunakan kata-kata, kode-kode, bunyi-bunyian dan berbagai bentuksimbol tertentu untuk menyampaikan informasi berupa ide atau gagasan walau hanyasekedar mengobrol, hal itu karena mereka belum mengenal tulisan . Kemudian, komunikasi berkembang sampai sekarang menggunakan gambardan tulisan dengan berbagai macam alat bantu seperti surat, e-mail, bahkan sampaimenggunakan fasilitasteleconference yang memungkinkan terjadinya komunikasidua arah dalam waktu yang bersamaan. Dalam kehidupan sehari-hari dapat dicontohkan misalnya denganmembandingkan antara surat dengan e-mail. Zaman dulu orang mengirim suratkekantor pos dan dalam beberapa hari baru sampai ke tempat tujuan. Dengan adanyainternet, mengirim surat dapat dilakukan melalui fasilitas e-mail dan pesan akansampai dalam hitungan beberapa detik saja. Jadi, apa yang dimaksud dengan teknologi informasi dan komunikasi? Agarkamu lebih mudah mempelajarinya, pahamilah beberapa pengertian teknologiinformasi dan komunikasi berikut ini: · Teknologi informasi dan komunikasi terdiri dari dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi Informasi adalah segala hal yang berkaitandengan proses manipulasi dan pemrosesan informasi. Sedangkan TeknologiKomunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan proses menyampaikaninformasi dari pengirim ke penerima. · Menurut Haag dan Keen (1996), teknologi informasi adalah seperangkat alat yang digunakan untuk membantu tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan data. · Menurut Martin (1999), teknologi tak hanya terbatas pada teknologi komputer (hardware dansoftware) yang digunakan dalam pemrosesan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi. · Menurut Williams dan Sawyer (2003), teknologi informasi adalah penggabungan komputasi yaitu komputer dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video. Teknologi Informasi dan Komunikasi sering disingkat TIK atau ICT (information and communication technology). Ada juga yang menyebut dengan istilah “telematika” yaitu singkatan dari telekomunikasi dan informatika. Secara garis besar, dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi diartikan sebagai teknologi untuk memperoleh, mengolah, menyimpan, dan menyebarkan berbagai jenis file informasi dengan memanfaatkan komputer dan telekomunikasi yang lahir dari dorongan-dorongan kuat untuk menciptakan inovasi dan kreatiftas baru yang dapat mengatasi segala kemalasan dan kelambatan kinerja manusia. sumber : http://up-ardita-9d.blogspot.com/2011/02/materi-kelas-8-definisi-teknologi.html

Pengertian dan Jenis Software Komputer

Senin, 1 Oktober 2012

Pengertian dan Jenis Software Komputer

Kebanyakan masyarakat saat ini membagi komputer menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah hardware yang merupakan perangkat fisik yang ada di dalam komputer. Dan bagian yang kedua adalahsoftware komputer, yang memberitahukan hardware mengenai apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Apabila diibaratkan bahwa komputer adalah makhluk hidup, maka hardware adalah tubuhnya seperti mata untuk melihat, paru-paru untuk bernapas dan bagian tubuh lainnya, sedangkan perangkat lunak atau software diibaratkan sebagai kepintarannya, seperti memproses gambar yang dilihat mata, memerintahkan tangan untuk mengangkat objek, dan memaksa tubuh untuk menarik nafas dengan menggunakan paru-paru. Hardware Komputer, menjadi bagian dari mesin, dan hanya mengerti dua konsep dasar yaitu menyala (on) dan mati (off), konsep on dan off tersebut dinamakan binary. Software komputer dikembangkan agar binary dapat menjadi jalan untuk memberitahukan komputer hardware dalam melakukan tugasnya. Software Komputer menterjemahkan dan mengarahkan pengguna komputer agar mengerti mengenai apa yang dapat dilakukan oleh komputer hardware. Sebagian besar dari software komputer dibuat oleh programmer dengan menggunakan bahasa pemrograman. Programer menuliskan perintah dalam bahasa pemrograman seperti layaknya bahasa yang digunakan oleh orang pada umumnya dalam melakukan perbincangan. Perintah-perintah tersebut dinamakan “Source Code”. Programkomputer lainnya dinamakan Compiler yang digunakan pada source code, dan kemudian mengubah perintah tersebut ke bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer. Dan hasilnya dinamakan programexecutable (EXE). Software komputer dibagi menjadi dua kategori utama yaitu sistem software dan software aplikasi. Sistem software menyajikan program yang dapat mengijinkan hardware berjalan dengan semestinya. Software aplikasi menyediakan program yang mengijinkan pengguna untuk melakukan sesuatu disamping menjalankan hardware. Ada pula beberapa tipe komputer software, diantaranya : Software Games - Jenis software ini termasuk dalam kategori entertainment atau hiburan, software ini memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis tersebut seperti MMOs (Massive Multiplayer Online games), first-person shooters, action games, roleplaying games, and game petualangan. Software Driver – Program in mengijinkan komputer untuk dapat berinteraksi dengan perangkat hardware tambahan sepertiprinter, scanner, dan video cards. Software Pendidikan – berbeda dengan jenis program sebelumnya, software pendidikan ini dapat mengajarkan apapun dari komputer, melakukan aktifitas yang berhubungan seperti mengetik atau berbagai macam jenis pendidikan lainnya seperti kimia. Media player dan pengembangan software media lainnyaSoftware yang dibuat untuk dapat memainkan atau mengeditmedia digital seperti file music atau video. Software Produktifitas – Jenis software ini mengijinkan pengguna untuk lebih produktif baik itu dalam menjalankan bisnisatau menjalankan aktifitas produktif lainnya. Contoh dari software ini adalah software pengolah huruf (Ms Words), Software pengatur database, software presentasi dan beberapa software lainnya. Operating sistem – software yang merupakan sumber dari software lainnya yang dapat mengijinkan software lainnya untuk berjalan. Contoh dari software operating sistem ini adalah Window Vista, Mac OS X dan Linux sumber : http://up-ayu-9b.blogspot.com/2011/02/vii-pengertian-dan-jenis-software.html

Operasi Dasar Komputer

Senin, 1 Oktober 2012

Operasi Dasar Komputer

Operasi Dasar Komputer Unsur-unsur Komputer Komputer yang digunakan saat ini dibangun berdasarkan teknologi elektronika digital, sehingga disebut komputer digital. Pengertian teknologi digital tidak dibahas lebih lanjut pada tingkat SMA. Secara sistematis, komputer harus dipandang sebagai kesatuan dari: 1. Brainware (Pengguna Komputer) 2. Hardware (Perangkat Keras) 3. Software (Perangkat Lunak) Brainware Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer/ sistem pengolahan data. Brainware merupakan sumber inspirasi utama bagi terbentuknya suatu sistem komputer. Menurut tingkat pemanfaatan terhadap komputer, Brainware digolongkan dalam empat tingkatan dimulai dari tingkatan yang tertinggi: a. System Analyst: Penanggung jawab dan perencana sistem dari sebuah proyek pembangunan sebuah sistem informasi khususnya yang memanfaatkan komputer b. Programmer : Pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang c. Administrator : Seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem/jaringan komputer d. Operator : Pengguna biasa, hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada sumber : http://up-ardita-9d.blogspot.com/2011/02/materi-kelas-7-operasi-dasar-komputer.html

OPERATING SYSTEM / SISTEM OPERASI

Senin, 1 oktober 2012

OPERATING SYSTEM / SISTEM OPERASI

Sistem operasi Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalahperangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi. Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu. Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian: Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka. Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu, tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti itu disebut sebagai Multi-tasking Operating System. Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS Sistem Operasi saat ini Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar: Keluarga Microsoft Windows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang akan dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)). Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard). Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll. Sistem operasi mempunyai tiga sasaran utama yaitu kenyamanan — membuat penggunaan komputer menjadi lebih nyaman, efisien — penggunaan sumber-daya sistem komputer secara efisien, mampu berevolusi–sistem operasi harus dibangun sehingga memungkinkan pengembangan, pengujian sistem yang baru. Sejarah Sistem Operasi Menurut Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang dapat dibagi kedalam lima generasi: Generasi Pertama (1945-1955), Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung. Generasi Kedua (1955-1965), Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa bagian dari fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi FMS (Fortran Monitoring System) . Generasi Ketiga (1965-1980), Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna sekali gus) dan multi-programming (melayani banyak program sekali gus). Generasi Keempat (Pasca 1980an), Pada generasi ini , sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan GUI (Graphical User Interface) yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik. Generasi Kelima (Pasca 2001 sampai Sekarang ), Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih dalam perjalanan. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri. Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud.Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing sekarang menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan katakata secara langsung. sumber : http://up-ardita-9d.blogspot.com/2011/02/materi-kelas-7-operating-system-sistem.html